Prabowo Janji Upayakan RS TNI Dilengkapi Fasilitas Modern di Semua Kabupaten

Jam : 19:56 | oleh -110 Dilihat
Prabowo Subianto
Prabowo Subianto

Timika, ToeNTAS.com,- Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto meresmikan Rumah Sakit (RS) Tk IV Timika, Papua. Dalam peresmian itu, Prabowo berjanji akan berupaya agar setiap daerah di Indonesia memiliki rumah sakit TNI yang modern.

“Kita cita-citakan di setiap kabupaten terdapat RS yang dilengkapi dengan sejumlah fasilitas modern dan memadai sehingga prajurit TNI, ASN, serta rakyat tidak perlu jauh-jauh untuk mendapatkan fasilitas kesehatan,” kata Prabowo di Timika, Papua, Jumat (10/11/2023).

Prabowo mengatakan pembangunan rumah sakit militer modern akan terus dilakukan. Sejauh ini, kata dia, ada 20 rumah sakit lain yang menjadi sasaran pembangunan maupun renovasi.

“Tahun depan, rencananya terdapat 20 RS lagi yang menjadi sasaran kita,” ujarnya.

Prabowo mengatakan fasilitas rumah sakit Tk IV Kesdam 17 Cenderawasih telah baik dan memadai. Namun, dia tetap menegaskan komitmen untuk terus meningkatkan fasilitas-fasilitas yang ada saat ini.

“Saya tadi baru saja melihat, keliling, cukup bagus fasilitas yang ada dan akan terus kita perbaiki sarananya dengan alat-alat yang paling modern,” ujarnya.

Sebelumnya, Prabowo meresmikan Rumah Sakit Tingkat IV Timika, Papua. Rumah sakit tingkat 4 itu milik TNI namun tetap bisa digunakan untuk masyarakat umum.

“Baru saja kita melihat selesainya dibangun rumah sakit tingkat 4 Kesdam 17 Cenderawasih, dan ini rumah sakit saya kira yang baru dibangun, di daerah Timika untuk kepentingan TNI tapi juga terbuka untuk seluruh rakyat sekitar sini,” ujar Prabowo ketika peresmian rumah sakit tersebut di Timika, Papua.

Prabowo mengatakan tradisi TNI adalah memberikan fasilitasnya kepada rakyat jika dibutuhkan. Dirinya menyebut TNI adalah tentara rakyat yang berarti semua fasilitas TNI akan digunakan seluruhnya untuk masyarakat sekitar.

“Itulah tradisinya TNI. Semua fasilitasnya TNI, bilamana diperlukan, akan diperuntukkan untuk kepentingan masyarakat sekitarnya,” ucap dia. (d.c/Imam)