Duh! Sungai di Kota Depok Tercemar bak ‘Buih Jadi Permadani’

Jam : 20:28 | oleh -172 Dilihat
Busa di Kali Baru Cimanggis Depok
Busa di Kali Baru Cimanggis Depok

Depok, ToeNTAS.com,- Pencemaran di kali kawasan Kota Depok, Jawa Barat, ini bagaikan judul lagu Malaysia, ‘Buih Jadi Permadani’. Busa menyeruak menutupi permukaan sungai di Kali Baru, Cimanggis.

Dari video yang dilihat Wartawan, Selasa (28/11/2023), terlihat busa itu tebal menutupi sungai. Tampak ada warga yang iseng memancing di lokasi sungai tercemar busa ini.

Terlihat busa itu setinggi badan orang dewasa. Tampak ada warga yang bermain catur di dekat lokasi. Ada juga yang sengaja membuang sampah ke sungai yang tertutup busa tersebut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (Kadis DLHK) Abdul Rahman mengatakan pihaknya telah menerima laporan dari warga. DLHK akan mengecek ke lokasi dan menyusuri sungai guna mencari penyebab asal timbulnya busa yang mencemari sungai tersebut.

“Jadi, setelah kita menerima laporan dari warga, kita konfirmasi dengan pihak terkait dari lingkungan Pak RW, Pak Lurah, Damkar, kemudian dari kita DLHK,” kata Abdul kepada wartawan, Selasa (28/11/2023).

Informasi mengenai munculnya busa di kali itu sudah diterima pihak DLHK sejak hari gelap. DLHK mencari tahu sumber busa itu.

“Kita terima malam, kita sudah cek lokasi, tapi akan diteruskan untuk pengecekan, susur badan kalinya sampai kita temukan hal-hal yang menyebabkan terjadinya busa itu,” tambahnya. (d.c/Putra)