KPK Tahan Tersangka Baru Kasus Korupsi Eks Walkot Bandung Yana Mulyana

Jam : 20:23 | oleh -142 Dilihat
KPK
KPK

Jakarta, ToeNTAS.com,- KPK menetapkan Direktur Komersial PT Manunggaling Rizki Karyatama Telnics atau PT Marktel, Budi Santika (BS), sebagai tersangka baru kasus dugaan suap proyek Bandung Smart City, yang turut menjerat mantan Wali Kota Bandung Yana Mulyana. Budi langsung ditahan.

Pantauan Wartawan di gedung Merah Putih KPK, Selasa (28/11/2023), Budi Santika mengenakan rompi tahanan KPK berwarna oranye. Tangan Budi juga diborgol.

Direktur Penyidikan KPK Brigjen Asep Guntur Rahayu mengatakan penetapan tersangka itu merupakan hasil pengembangan kasus eks Walkot Bandung Yana Mulyana. Budi Santika ditahan selama 20 hari terhitung hari ini hingga 17 Desember 2023.

“Tindak lanjut dari temuan fakta-fakta baru saat proses penyidikan hingga persidangan dari tersangka YM Walkot Bandung dkk, yang menerima sejumlah uang dan berbagai proyek pengadaan yang ada di Pemkot Bandung. KPK selanjutnya mengembangkan perkaranya untuk menaikkan ke tahap penyidikan dengan menetapkan dan mengumumkan tersangka sebagai berikut yaitu Saudara BS swasta, Direktur Komersial PT Marktel,” kata Asep dalam konferensi pers di gedung KPK, Selasa (28/11/2023).

“Terkait kebutuhan penyidikan tersangka, BS ditahan tim penyidik untuk waktu selama 20 hari pertama terhitung mulai hari ini tanggal 28 November 2023 sampai dengan 17 Desember 2023 di rutan KPK,” lanjutnya.

6 Orang Tersangka

Sebelumnya, KPK menetapkan 6 orang sebagai tersangka terkait suap pengadaan CCTV dan jasa penyedia internet di wilayah Bandung dalam program Bandung Smart City. Salah satunya yang menjadi tersangka adalah Walkot Bandung Yana Mulyana.

Berikut 6 tersangka kasus korupsi Bandung Smart City:

1. Yana Mulyana (YN), Walkot Bandung
2. Dadang Darmawan (DD), Kadishub Pemkot Bandung
3. Khairul Rijal (KR), Sekretaris Dishub Pemkot Bandung
4. Benny (BN), Direktur PT Sarana Mitra Adiguna (SMA)
5. Sony Setiadi (SS), CEO PT itra Jelajah Informatika (CIFO)
6. Andreas Guntoro (AG), Manajer PT Sarana Mitra Adiguna (SMA) (d.c/Eric)