Hasil Debat Cawapres 2024 Segmen 4-6, Saling Sindir Antar Calon

Jam : 07:28 | oleh -46 Dilihat
Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD
Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD

Jakarta, ToeNTAS.com,- Debat perdana calon wakil presiden (cawapres) 2024 telah berlangsung pada Jumat (22/12/2023) di Jakarta Convention Center (JCC). Acara debat disiarkan langsung oleh sejumlah stasiun TV swasta dan YouTube Komisi Pemilihan Umum (KPU). Sesi debat cawapres 2024 resmi berakhir dalam enam segmen yang berlangsung selama kurang lebih 120 menit tanpa jeda iklan. Tiga segmen pertama digelar untuk pendalaman visi misi ketiga cawapres. Kemudian, pada segmen 4 dan 5 para cawapres saling melempar pertanyaan dan menanggapi jawaban satu sama lain. Terakhir, pada segmen 6 para cawapres menyampaikan kesimpulan dan pernyataan penutup mereka dari hasil debat. Acara debat perdana cawapres dihadiri oleh ketiga cawapres, yaitu Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD. Pada kursi penonton juga tampak ketiga calon presiden (capres), yaitu Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo hadir sebagai pendamping. Acara debat perdana cawapres 2024 mengangat tema soal ekonomi kerakyatan, ekonomi digital keuangan, investasi, pajak, perdaganagan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan. Setiap cawapres telah melalui keenam sesi dengan menyampaikan visi misi, program kerja, dan gagasan serta solusi tentang isu-isu terkait. Selain itu, pada sesi terakhir, para cawapres telah menyampaikan pernyataan penutup. Baca juga: Topi Adat Ganjar di Debat Cawapres Asal Mana dan Apa Maknanya? Apa Itu Teman Bus yang Disebut Gibran di Debat Cawapres 2024? Hasil Debat Cawapres 2024 Segmen 4 – 6 Pada segmen 4 sampai 5 debat cawapres 2024, para cawapres yang hadir saling mengajukan pertanyaan dan menanggapi jawaban dari lawan. Kedua sesi ini berlangsung intens, karena terjadi saling sindir visi misi hingga proyek kerja antar calon wakil presiden. Selanjutnya, pada sesi 6, para cawapres mulai memberikan pernyataan penutup berupa kesimpulan hasil debat yang mereka bahas. Berikut ini hasil debat cawapres 2024 segmen 4 sampai 6:

1. Hasil Debat Cawapres 2024 Segmen 4

Segmen empat merupakan salah satu segmen terpanas yang terjadi pada debat cawapres 2024. Intensitas debat terjadi seiring dengan pertanyaan terkait soal skala pertumbuhan pembangunan di visi misi Anies-Muhaimin dan sindiran Muhaimin kepada proyek-proyek besar yang hanya terjadi di Solo. Isu soal skala pertumbuhan pembangunan dilempar pertama kali oleh Mahfud MD yang menyindir soal visi misi Anies-Muhaimin yang dinilai di bawah target. Mahfud mempertanyakan mengapa Anies dan Muhaimin hanya menargetkan pertumbuhan ekonomi di angka 5 – 6 persen saja. Padahal pertumbuhan ekonomi yang berhasil dicapai pemerintah saat ini jauh lebih tinggi. Hal itu lantas dijawab oleh Muhaimin bahwa pertumbuhan tinggi yang dicapai pemerintah saat ini hanyalah omong kosong. Hal itu lantaran pertumbuhan yang terjadi menimbulkan beban utang luar negeri yang sangat tinggi. Debat juga semakin intens ketika Muhaimin dihadapkan dengan Gibran. Muhaimin mempertanyakan alasan mengapa hanya di Solo yang mendapatkan proyek-proyek besar selama Gibran menjabat sebagai Walikota Solo. Ia juga menyinggung bahwa proyek besar di Solo menimbulkan kesenjangan pembangunan terhadap daerah-daerah lainnya, termasuk di pulau Jawa. Pendapat Muhaimin itu lantas ditepis Gibran yang menyebut bahwa pembangunan di Solo tak semuanya pakai APBN. Hal ini membuat Gibran menyimpulkan bahwa kurang tepat jika proyek pembangunan Solo menyerap APBN sehingga membuat daerah lain kekurangan. Ia menegaskan bahwa pembangunan di Solo terjadi karena kerja sama dari BUMN, CSR swasta, dan sumber pendanaan lainnya.

2. Hasil Debat Cawapres 2024 Segmen 5

Debat segmen 5 tidak kalah intensnya dengan debat segmen 4. Hal ini karena pada debat segmen 5, ketiga paslon masih dihadapkan dengan pertanyaan satu sama lain dan saling adu argumen mempertahankan pendapat masing-masing. Debat segmen 5 dimulai dari Mahfud MD yang mempertanyakan visi misi pasangan Prabowo-Gibran soal menaikan rasio pajak hingga 23 persen. Mahfud mengungkapkan bahwa kebijakan soal kenaikan rasio pajak ini sensitif bagi masyarakat Indonesia. Menaggapi pertanyaan Mahfud, Gibran lantas mengklaim bahwa programnya ini tidak akan memberatkan UMKM yang di bawah omsetnya 500 juta. Sesi selanjutnya, ada Muhaimin yang mempertanyakan soal pemerataan akses kepemilikan lahan yang belum merata. Mahfud MD menyebut bahwa kepemilikan lahan tidak merata karena kasus kolusi dan korupsi. Ia memberi solusi untuk meningkatkan kedisiplinan para penegak hukum dengan menegakkan hukum pidana bagi siapapun yang melanggar hukum terkait kepemilikan lahan. Gibran menanyakan Muhaimin bagaimana meningkatkan peringkat Indonesia di State of Global Islamic Economy (SGIE). Gibran juga sempat menyindir ketidaktahuan Muhaimin soal apa itu SGIE. Hal ini menyebabkan Muhaimin kehilangan satu sesi waktu menjawab untuk menanyakan kembali mengenai SGIE yang dimaksud Gibran. Setelah memahami apa itu SGIE, Muhaimin mulai menyampaikan usulan. Usulan yang disampaikan Cak Imin untuk meningkatkan peringkat Indonesia di SGIA adalah meringankan regulasi sertifikasi halal agar UMKM yang membuat produk-produk halal bisa berkembang.

3. Hasil Debat Cawapres 2024 Segmen 6

Debat Cawapres 2024 segmen 6 terdiri dari kata-kata penutup dan kesimpulan dari hasil debat yang disampaikan oleh ketiga cawapres. Berikut ini beberapa poin yang ditegaskan dalam kata-kata penutup Muhaimin, Gibran, dan Mahfud MD: Poin-poin penutup Muhaimin Iskandar di debat cawapres 2024: Memperkenalkan konsep slepet sarung ata ‘slepetnomic’, yaitu metode untuk menegur penguasa jika terjadi ketidakadilan atau kecurangan; Memfokuskan program kerja ke pemerataan pembangunan kota-kota dan dan desa seluruh Indonesia; Menindak para pembuat kebijakan yang rangkap jabatan sebagai pelaku bisnis; Mengajak masyarakat untuk melakukan perubahan. Poin-poin penutup Gibran Rakabuming Raka di debat cawapres 2024: Meningkatkan produktivitas nasional di tengah bonus demografi; Mengajak generasi muda untuk ikut berkolaborasi dalam pembangunan; Menekankan bahwa anak muda juga bisa melakukan perubahan dan bisa bersanding bersama para senior sekelas pemuka agama dan profesor. Poin-poin penutup Mahfud MD di debat cawapres 2024: Menegaskan kembali program kerjanya di bidang kesehatan, hunian murah, sekolah gratis bagi kalangan tidak mampu dan prajurit, regulasi UMKM. Memastikan untuk menyikat Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN); Memfokuskan program optimalisasi KTP; Memastikan fakir miskin dan anak terlantar dipelihara oleh negara sesuai Undang-undang. (d.c/Putra)