Daerah

Muncul 2 Buaya yang Berseliweran di Sungai, Warga Aceh Heboh

Foto

Lhokseumawe, ToeNTAS.com,- Sejumlah warga dihebohkan dengan munculnya dua ekor buaya di aliran sungai kawasan samping pabrik PT. PIM, Dewantara, Aceh Utara, yang berbatasan dengan Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe, Aceh.

Informasi yang diterima, keberadaan buaya tersebut awalnya diketahui oleh warga sekitar. Kemudian, isu kemunculan itu menyebar sehingga kawasan keberadaan buaya itu penuh dan menjadi tontonan warga.

“Mulai siang tadi hingga sore ramai masyarakat yang menyaksikan keberadaan buaya itu. Jika saya lihat, buaya itu tampak mondar- mandir seperti kelaparan gitu,” kata salah seorang warga Dewantara, Mirza kepada wartawan, Jumat (17/11/2017) malam.

Menurutnya, buaya itu sudah muncul di aliran sungai sejak Kamis malam, namun hingga kini belum ada petugas terkait yang menggiring buaya ke tempat lebih aman atau melakukan penangkapan.

Sementara Kepala Seksi Konservasi Wilayah 1, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Dedi Irvansyah mengatakan pihaknya sudah mengecek informasi keberadaan buaya tersebut ke lokasi.

“Laporan dari petugas lapangan bahwa ada dua ekor buaya diperkirakan sepanjang empat meter di sungai kawasan PT. PIM,” kata Dedi dikonfirmasi wartawan, Jumat (17/11/2017).

Dia menyebutkan keberadaan buaya tersebut menurut informasi masyarakat sudah muncul sejak Kamis siang. Masyarakat melaporkan kepada pihaknya bahwa ada buaya berkeliaran di aliaran sungai tersebut. Petugas pun langsung melakukan ground check mulai sore tadi.

“Sudah kita cek. Nanti akan kita lakukan translokasi atau penangkapan jika buaya tersebut mengancam keselamatan warga sekitar. Sekarang kita pantau dulu dalam beberapa hari ke depan. Karena menurut informasi yang biasanya buaya itu hanya lewat saja,” tambah Dedi.

Dedi menuturkan pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pihak Lanal Lhokseumawe dan Koramil setempat untuk membantu menginformasikan agar masyarakat berhati-hati dan tidak melakukan aktivitas sementara di aliran sungai tersebut. (det.c/jodi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Situs resmi tabloid ToeNTAS yang sudah terbit lebih dari 20 tahun.

Copyright © 2017 Yayasan ToeNTAS Sakinah

To Top