Ramadhan Tiba, Ini Peluang Bisnis yang Bisa Kamu Manfaatkan!

Jam : 18:52 | oleh -275 Dilihat
ilustrasi
ilustrasi

Jakarta, ToeNTAS.com,- Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah sehingga banyak orang yang mencoba peruntungan dengan berjualan aneka sajian kuliner. Berbicara mengenai peluang bisnis kuliner di Bulan Ramadhan tentu banyak sekali jenisnya. Tidak mengherankan karena saat Bulan Ramadhan bisnis kuliner berkembang dengan pesat, sehingga setiap pengusaha kuliner berlomba – lomba mengeluarkan kemampuan bisnisnya dengan menyajikan aneka hidangan kuliner yang unik – unik dan pastinya lezat untuk merebut perhatian pelanggan. Apalagi saat Bulan Ramadhan, banyak orang yang hobi berburu penganan dan takjil untuk disantap saat berbuka puasa maupun sahur. Hal inilah yang menyebabkan bisnis kuliner di Bulan Ramadhan semakin menjamur, karena keuntungan yang didapat dari bisnis ini tergolong cukup menjanjikan.

Jika anda tertarik untuk ikut menggeluti bisnis kuliner selama Bulan Ramadhan dan mencari pemasukan tambahan yang menguntungkan, anda bisa mencoba beragam bisnis di bawah ini. Siapa tahu bisnis yang anda jalani ini dapat menjadi aktivitas tetap anda dan memiliki peluang investasi jangka panjang. Bisnis kuliner apa saja sih? Simak yuk.

1. Berjualan Aneka Gorengan

Makanan yang paling banyak dicari saat Bulan Ramadhan sebagai pendamping hidangan berbuka puasa adalah gorengan. Meskipun kelihatannya remeh, namun bisnis gorengan ternyata memiliki keuntungan yang besar. Untuk menang dari persaingan yang ketat, anda dapat menjual aneka gorengan yang lebih lengkap dan lebih besar dibandingkan yang lainnya.  Cobalah untuk berjualan tahu goreng isi, tempe goreng, combro, sukun, pastel, pisang goreng, onde – onde, singkong goreng, ubi goreng, dan sebagainya.

2. Berjualan Aneka Kue Basah

Selain gorengan, menu pelengkap lainnya yang paling banyak dicari adalah aneka kue basah. Kue basah ini dapat berupa kue lemper, kue lapis, kue putu ayu, bolu kukus, brownies, cupcake, kue klepon, kue cucur, kue talam, dan sebagainya. Bisnis kue basah sangat cocok digeluti saat Bulan Ramadhan karena potensial dan banyak dicari orang yang hendak berbuka puasa. Namun bisnis berjualan kue basah tidak hanya dapat digeluti saat Bulan Ramadhan saja, melainkan dapat anda lanjutkan sebagai bisnis tetap untuk dijalankan pada bulan – bulan berikutnya. Menarik ya?

3. Berjualan Aneka Kue Kering

Selain kue basah, bisnis yang paling potensial untuk dijalankan adalah bisnis kue kering. Di Bulan Ramadhan, apalagi menjelang Hari Raya Idul Fitri, permintaan kue kering dalam toples atau kaleng tentu akan meningkat pesat. Anda dapat mencoba peluang usaha yang satu ini. Sajikan kue kering berkualitas baik dan cita rasa yang lezat. Jenis – jenis kue kering adalah kue putri salju, kue nastar, kue kastangel, kue lidah kucing, kue semprit, kue kering cokelat chips, kue green tea, dan sebagainya.

4. Berjualan Sop Buah

Sop buah merupakan menu yang tidak pernah lekang oleh zaman. Anda dapat mencoba peruntungan di bisnis kuliner yang satu ini. Sop buah adalah menu yang paling banyak dicari untuk melepaskan dahaga setelah seharian berpuasa. Nah untuk menyiasati persaingan yang semakin ketat, anda dapat membuat inovasi pada sop buah anda. Misalnya saja untuk kuah susunya, anda dapat menggantinya dengan yoghurt. Selain itu anda juga dapat membuat variasi kuah susu-nya dengan menyediakan aneka rasa susu seperti : Vanilla, cokelat, strawberry, cokelat, green tea, red velvet, pisang, mocchacino, dan sebagainya.

5. Berjualan Lauk Pauk

Saat Bulan Ramadhan banyak sekali orang yang tidak sempat memasak sehingga akhirnya tertarik untuk membeli makanan di luar. Hal tersebut juga dirasa cukup praktis bagi sebagian orang. Inilah peluang yang bagus untuk anda berjualan lauk pauk sebagai menu berbuka puasa maupun sahur seperti ayam bakar, ikan goreng, sayur mayur, telur dadar, pepes, tempe orek, kentang balado, dan sebagainya. Lauk pauk merupakan salah satu makanan yang cukup laris dibeli. Namun perhatikan jumlah porsi yang akan anda jual, jangan sampai berlebihan sehingga terbuang sia – sia dan menyebabkan anda mengalami kerugian

6. Berjualan Aneka Kolak

Kolak adalah makanan yang paling dicari ketika Bulan Ramadhan. Banyak orang yang berpuasa berbuka dengan segelas kolak terlebih dahulu. Melihat fenomena ini, anda dapat mencoba peluang berjualan aneka kolak. Agar anda bertahan di era persaingan yang cukup ketat ini, anda harus memperbanyak variasi menu kolak anda seperti kolak pisang, kolak ubi ungu, kolak biji salak, kolak durian, kolak singkong, kolak candil ketan, kolak kolang kaling, kolak sagu mutiara, dan masih banyak lagi. Jika anda fokus dengan menu jualan anda, banyak orang yang tentunya tertarik untuk membeli kolak di tempat anda.

7. Berjualan Minuman Segar

Di Bulan Ramadhan banyak orang yang terpaksa harus berbuka puasa di jalan raya, di tengah kemacetan yang tinggi. Banyak dari mereka yang menahan haus namun tak sempat untuk pergi ke supermarket atau minimarket . Inilah saat yang tepat bagi anda untuk mencoba peruntungan berjualan minuman segar. Anda dapat membuka stand di pinggir jalan, dan memamerkan stock minuman segar yang anda miliki. Minuman segar tersebut dapat berupa es jeruk, es kelapa, es susu, es kopi, juice, dan lain sebagainya. Tentu banyak orang yang tertarik untuk membeli dagangan anda untuk melepas dahaga.

8. Berjualan Puding

Puding juga banyak dicari saat Bulan Ramadhan, apalagi menjelang buka puasa. Puding, sebuah penganan manis yang lembut di lidah tentunya menjadi sebuah hidangan kuliner yang sangat dinanti – nanti oleh sebagian besar orang. Anda dapat membuka pesanan bagi orang – orang yang hendak membeli puding. Buatlah aneka bentuk puding yang menarik, serta perbanyak variasi rasa, sehingga orang – orang akan terus penasaran dengan puding yang anda jual. Untuk menarik minat orang, anda dapat membuat brosur dengan foto – foto puding yang menarik, lengkap dengan deksripsi rasa serta penawaran harganya.

9. Berjualan Kurma

Bukan rahasia umum lagi bahwa kurma sudah identik dengan Bulan Ramadhan. Oleh karena itu merupakan moment yang tepat jika anda berjualan kurma saat Bulan Ramadhan. Banyak orang yang memilih untuk berbuka puasa dengan makanan manis terlebih dahulu agar perut tidak kaget jika langsung diisi makanan berat. Oleh karena itu kurma sering dijadikan pilihan. Nah, di sinilah peluang bagus untuk anda. Anda dapat menjual kurma dengan kualitas premium.

10. Berjualan Buah – Buahan Segar

Buah – buahan segar juga banyak dicari saat Bulan Ramadhan, karena banyak orang yang mencari buah segar sebagai hidangan penutup setelah bersantap makanan utama. Buah – buahan segar seperti semangka, pepaya, melon, apel, jeruk, pisang, dan sebagainya adalah buah – buahan yang sangat umum berada di meja makan. Oleh karena itu keputusan untuk terjun berbisnis buah – buahan segar adalah hal yang tepat untuk dijalankan.

Nah itu dia 10 bisnis kuliner yang paling banyak dicari saat Bulan Ramadhan tiba. Kira – kira bisnis kuliner apakah yang akan anda coba geluti? Share pendapat anda di kolom komentar ya. Selamat berbisnis. (nadpo.c/f)