4 Sayuran Hijau Agar Menua dengan Menyenangkan dan Sehat

0
51
Ada beberapa cara mudah untuk bisa menua dengan anggun dan baik. Penelitian menyebut, makan sayuran hijau bisa memperkuat otot tubuh agar menikmati masa tua.
Ada beberapa cara mudah untuk bisa menua dengan anggun dan baik. Penelitian menyebut, makan sayuran hijau bisa memperkuat otot tubuh agar menikmati masa tua.
Advertisement

Imunitas tubuh pada orang lanjut usia (lansia) biasanya tidak sekuat pada usia muda. Kondisi ini menyebabkan lansia menjadi rentan terserang penyakit.

Namun ini bukan alasan kalau Anda tak bisa menua dengan baik dan anggun. Hanya saja ini tak berarti kalau tak akan ada penuaan kulit yang terjadi. Menua dengan baik dapat diartikan sebagai kondisi Anda memiliki kesehatan fisik dan mental yang baik sehingga bisa menikmati masa tua dengan indah.

Ada berbagai cara agar Anda bisa menua dengan baik. Misalnya menjaga kesehatan kulit, hindarkan stres agar tetap bahagia, berhenti merokok dan minum alkohol.
Dilansir Healthline, menjaga kesehatan kulit penting karena ia melindungi tubuh Anda dari paparan zat berbahaya, sekaligus berfungsi mengatur suhu tubuh.

Mulai biasakan menggunakan tabir surya dan pakaian yang melindungi Anda dari sinar matahari langsung ketika berada di luar ruangan agar terhindar dari paparan sinar UV.

Namun selain menjaga kesehatan dan kecantikan fisik, jangan lupa untuk menjaga kesehatan dari dalam tubuh melalui makan makanan sehat, terutama sayur.

Dilansir dari South China Morning Post, para ilmuwan percaya makan sayuran berdaun hijau setiap hari dapat meningkatkan fungsi otot pada orang-orang yang sudah berusia.

Sayuran hijau seperti pakcoy, kubis, dan selada memiliki kandungan nitrat tinggi yang dapat melancarkan peredaran darah, dan menguatkan fungsi otot.

Studi terbaru dari University Baker Heart and Diabetes Institute (AusDiab) Australia mengatakan, orang yang memakan banyak nitrat memiliki tubuh yang 11 persen lebih kuat daripada mereka yang makan sedikit nitrat. Mereka yang makan banyak nitrat dalam sayuran hijau juga memiliki otot kaki yang kuat dan bisa berjalan 4 kali lebih cepat.

Penelitian tersebut juga menunjukkan perempuan di atas 70 tahun yang makan semangkuk sayuran hijau setiap hari memiliki otot yang kuat dibanding yang tidak mengonsumsinya.

Berikut beberapa sayuran hijau yang sebaiknya sering dikonsumsi untuk meningkatkan fungsi otot pada orang-orang yang sudah berusia.

– Pakcoy

Pakcoy mengandung mineral selenium, yang bermanfaat bagi kesehatan otak, kekebalan, dan kesehatan tiroid

– Kubis

Kubis adalah sayuran silangan rendah kalori yang kaya antioksidan yang dapat mengurangi peradangan. Kubis juga tinggi vitamin C yang baik untuk jantung.

– Selada

Selada merupakan sumber vitamin K yang membantu memperkuat tulang dan mengurangi risiko patah tulang. Selain itu, ada kandungan vitamin A yang bisa mengurangi risiko katarak.

– Bayam

Bayam mengandung vitamin K, yang juga membantu memperkuat tulang. Selain itu, bayam mengandung magnesium dan zat besi yang baik untuk tubuh.

“Namun demikian untuk mengoptimalkan fungsi otot, kami mengusulkan diet seimbang yang kayu sayuran berdaun hijau dikombinasikan dengan olahraga teratur, termasuk latihan beban,” kata studi tersebut. (Oki)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here