5 Buah Ini Bisa Jadi ‘Obat’ Alami untuk Redakan Batuk Pilek Anak

Jam : 07:58 | oleh -293 Dilihat
ilustrasi
ilustrasi

Jakarta, ToeNTAS.com,- Dengan adanya pemberhentian obat sirup untuk anak, orang tua bisa memberikan buah sebagai alternatif ‘pengobatan’ alami. Ini 5 buah yang berkhasiat meredakan batuk pilek pada anak.

Batuk dan pilek menjadi penyakit yang sering dialami oleh anak kecil. Biasanya penyakit ini juga mampu menimbulkan demam pada anak.

Dalam menghadapi kondisi seperti ini, banyak orang tua memilih untuk menyembuhkan anak mereka dengan pemberian obat. Obat yang dipilih biasanya obat sirup karena punya rasa dan tekstur yang lebih bisa diterima oleh anak kecil.

Tetapi akhir-akhir ini di Indonesia sedang ramai mengenai pemberhentian obat sirup itu. Ditemukan beberapa zat yang diduga merupakan dietilen-etilen glikol yang bisa berbahaya bagi tubuh.

Dikutip Wartawan (21/10), kini sudah ada 5 produk obat cair di indonesia yang sudah ditarik peredarannya oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Namun para orang tua tak perlu khawatir karena bisa memanfaatkan beberapa makanan alami untuk meredakkan penyakit batuk pilek pada anak. Salah satu makanan sehat yang bisa membantu adalah buah.

Buah dikenal menyehatkan karena mengandung vitamin dan nutrisi yang melimpah. Untuk itu, jika anak mengalami sakit batuk pilek, bisa diredakan dengan memberikan asupan buah.

Berikut 5 jenis buah yang bisa bantu melawan batuk pilek, dirangkum dari eatfirst.com (18/05).

1. Apel

Buah apel punya banyak manfaat bagi tubuh, termasuk untuk meredakan flu dan batuk pada anak. Apel tinggi kandungan flavonoid yang mampu mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, dan diabetes.

Ketika sakit, sistem kekebalan anak bisa menurun. Untuk meningkatkan kembali sistem kekebalan anak, bisa dengan cara mengonsumsi buah apel. Di dalam buah merah ini juga terkandung kalori, karbohidrat, vitamin dan mineral alami yang akan membuat tubuh menjadi lebih berenergi. Orang tua bisa menyiapkan potongan apel untuk dijadikan camilan anak.

2. Pisang

Pisang adalah buah yang kaya serat dan potassium. Buah ini juga tinggi akan vitamin, salah satunya vitamin B6 bisa mencegah berbagai macam penyakit.

Kandungan dalam buah pisang juga bisa lebih cepat membangkitkan energi pada anak. Sementara kandungan mineral pada pisang juga bisa membantu mengembalikan sistem imunitas tubuh.

3. Jeruk

Studi menunjukkan bahwa makan buah yang kaya akan vitamin C mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah timbulnya flu dan batuk.

Untuk itu buah jeruk atau buah citrus lainnya bisa menjadi pilihan tepat. Vitamin C pada buah jeruk akan memberikan efek antivirus yang kuat sehingga bisa membantu pemulihan dengan lebih cepat.

Melansir healthsite.com (01/06/2016), jeruk juga mengandung antioksidan yang dapat mengeluarkan racun berbahaya dalam tubuh, termasuk jenis mikroba yang bertanggung jawab atas flu. Untuk itu, jeruk bisa membantu pengobatan flu dan batuk pada anak secara alami.

4. Semangka

Semangka merupakan buah dengan kandungan air yang banyak. Selain membantu menghidrasi tubuh, konsumsi semangka juga akan menjadi sumber vitamin tambahan

Kandungan likopen dan antioksidan kuat pada semangka mampu mencegah penyakit, termasuk mengurangi peradangan pada pernapasan serta mencegah infeksi.

Rasanya yang manis juga bisa menjadi opsi pilihan buah untuk anak. Semangka bisa disuguhkan sebagai buah potong atau bisa juga dibuat jus.

5. Stroberi

Jenis beri ini menjadi buah dengan sumber gizi yang banyak. Mereka mengandung serat dan vitamin C yang bisa menjaga kesehatan tubuh.

Bahkan menurut strawberries.org (29/12/2021), kandungan vitamin C pada stroberi jauh lebih banyak dari buah jeruk. Hal tersebut membuat stroberi menjadi makanan yang akan mendatangkan manfaat lebih baik karena vitamin C bisa mencegah penyakit flu dan batuk.

Jika stroberi dirasa terlalu asam, penyajiannya bisa dicampur dengan tambahan pemanis alami seperti madu. (Endang)