Keluarga

Cara Mengatasi Anak yang Pendiam, Pemalu dan Sulit Bergaul

Saat besar nanti kemampuan diri melalui bersosialisasi dengan teman akan lebih mudah

Pemalu bukannlah sifat yang tidak baik apabila salah satu anak kita memilikinya, akan teteapi bisa membuat anak kita menjadi tidak bisa berkembang apabila kita tidak segera mengatasinya agar anak kita bisa menjadi mudah bergaul dimana saja. Berikut tips mengatasinya.

1.Biarkan anak bereksplorasi.

Ketika anak masih bayi sebaiknya kita sebagai orang tua memberikan poola asuh yang baik dengan cara banyak memberikan kesempatan kepada anak untuk melakukan eksplorasi terhadap segala hal yang ingin diketahuinya. Namun tentu saja seorang anak harus tetap berada dalam pengawasan anda ketika dia sedang melakukan aktifitas atau eksplorasi yang bisa membuatnya berisiko atau berbahaya baginya. Biarkanlah bayi anda berkembang dengan membangun dirinya.

2.Masukan anak ke sekolah jika sudah waktunya.

Ketika anak sudah waktunya masuk sekolah sebaiknya jangan ditunda lagi untuk memasukannya ke sekolah. Dengan sekolah anda bisa mengasah kemampuan dan kecerdasan anak anda. Dengan demikian anak akan belajar untuk mengenal berbagai macam karakter orang dan belajar beradaptasi dengan lingkungan luar rumah. Anak bermain sambil mengasah kemampuan diri melalui bersosialisasi dengan teman sebayanya.

3.Ajaklah anak ketika melakukan kunjungan.

Ketika memiliki anak yang masih dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan, maka orang tua harusnya sering melakukan kunjungan ke tetangga, sanak saudara atau teman-teman kantornya. Ajaklah anak anda untuk menghadiri arisan, khitanan, atau kondangan di tetangga atau pun sanak saudara. Dengan demikian anak anda akan kenal dengan berbagai karakteristik orang dan akan bisa belajar dari sana.

4.Undanglah teman sebayanya untuk datang ke rumah.

Anda sebagai orang tua jangan malas untuk selalu mengundang teman-teman sekolah atau teman-teman sebayanya untuk bermain ke rumah. Atau undang mereka ke rumah ketika acara ulang tahun anak, dengan demikian anak anda akan dapat belajar berinteraksi dengan orang lain di dalam dan luar rumah.

5.Latih anak memiliki kontak mata dengan lawan bicara.

Anda sebagai orang tua wajib untuk membantu anak untuk berkomunikasi dengan anggota keluarga dengan kontak mata. Pada saat anda berbicara dengannya pastikan anda memiliki kontak mata dengan anak yang penuh kelembutan dan cinta. Mintalah pada anak untuk menatap mata ketika berkomunikasidengannya.Dengan adanya latihan yang teratur maka anak akan terbiasa melakukan kontak mata dengan lawan bicaranya.

Demikianlah pembahasan tentang tips mengatasi anak yang pemalu, pasif dan sulit bergaul. Semoga dapat bermanfaat. (andri).-

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Situs resmi tabloid ToeNTAS yang sudah terbit lebih dari 20 tahun.

Copyright © 2017 Yayasan ToeNTAS Sakinah

To Top