Kesehatan

Ingin Awet Muda? Konsumsi Buah dan Sayuran Ini

Sayuran

Jakarta, (ToeNTAS.Com),- Sebagian besar orang tidak ingin menjadi tua. Mereka umumnya ingin awet muda, sehat jiwa dan raga selamanya. Anda juga, bukan? Sadar atau tidak, ternyata buah dan sayur yang ada di sekitar Anda dapat membantu mewujudkannya, lho!

Perlu diketahui, salah satu penyebab penuaan adalah paparan radikal bebas. Sebab zat ini dapat menyebabkan kerusakan sel-sel tubuh. Kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas dapat ditangkal dengan pemberian antioksidan. Nah, antioksidan banyak ditemukan pada buah dan sayur.

Jika ingin awet muda, berikut buah dan sayur yang sebaiknya Anda konsumsi:

1. Tomat
Tomat merupakan sumber utama lycopen. Lycopen adalah antioksidan yang mampu menurunkan dan menangkal radikal bebas lebih baik daripada vitamin C. Di samping itu, tomat juga memiliki kalori cukup rendah. Karena itu buah ini sangat dianjurkan bagi mereka yang ingin diet untuk menurunkan berat badan.

2. Kubis
Kubis mengandung banyak vitamin K, yang baik untuk kesehatan jantung dan tulang. Sayuran ini juga mengandung banyak serat yang dapat membantu kelancaran saluran pencernaan dan menurunkan tekanan darah.

3. Buah beri
Buah beri mengandung flavonoid, yang kaya antioksidan dan baik untuk kesehatan jantung. Anda dapat memulai hari dengan segelas jus beri, sebuah minuman sederhana yang lezat dengan sederet manfaat. Buah beri banyak mengandung antioksidan dan dapat melawan berbagai radikal bebas.

4. Gandum
Gandum merupakan makanan yang dianjurkan untuk kesehatan jantung. Tidak hanya kaya akan kandungan serat yang baik untuk pencernaan, namun gandum juga memiliki berbagai manfaat lain –seperti memberikan efek kenyang lebih lama.

5. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan banyak mengandung lemak tidak tersaturasi, yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, kacang-kacangan juga banyak mengandung antioksidan, yang dapat menurunkan kadar radikal bebas di dalam darah.

Buah dan sayuran di atas sangat mudah ditemukan, bukan? Yuk, mulai konsumsi asupan tersebut secara rutin. Jangan lupa untuk berolahraga secara teratur, menjauhi rokok dan alkohol, ya. Bila sudah semuanya dilakukan, awet muda bukan lagi sekedar impian. (klik d.c/kris).-

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Situs resmi tabloid ToeNTAS yang sudah terbit lebih dari 20 tahun.

Copyright © 2017 Yayasan ToeNTAS Sakinah

To Top