Hati-hati, Zat Kimia dalam Produk Pembersih Bahayakan Paru

Jam : 01:34 | oleh -146 Dilihat

ToeNTAS.com,- Rumah yang bersih dan bebas kuman memang membutuhkan banyak produk pembersih yang biasanya mengandung zat kimia. Namun, bijaksanalah menggunakan produk tersebut karena bisa berdampak pada kesehatan paru.

Menurut penelitian tim dari Universitas Bergen, Norwegia, terhadap 6.000 orang disimpulkan, sering terpapar produk pembersih akan berdampak pada fungsi paru.

Para ahli tersebut mengatakan, zat-zat kimia untuk membersihkan rumah sebenarnya “tidak dibutuhkan”. Sebenarnya yang dibutuhkan hanyalah lap mikrofiber dan air.

“Kami khawatir zat kimia tersebut akan menyebabkan kerusakan kecil pada saluran napas dan secara bertahap, hari demi hari, dan bertahun-tahun, akan mempercepat penurunan fungsi paru,” kata Cecile Svanes, profesor dan ketua tim peneliti.

Hasil riset selama 20 tahun itu menunjukkan, zat-zat kimia dalam produk pembersih akan mengiritasi selaput lendir yang melapisi saluran pernapasan paru, dan menyebabkan kerusakan jangka panjang.

Pada dasarnya bernapas dalam polusi udara apa pun akan berdampak pada kesehatan, terutama pada mereka yang punya gangguan paru.

“Hasil studi ini mengonfirmasi bahwa polusi udara bisa berasal dari banyak sumber, termasuk cat, adesif, dan produk pembersih yang dipakai dalam ruangan,” kata Sarah MacFadyen, dokter dari Yayasan Paru Inggris, seperti dikutip BBC.

Untuk mencegah efek negatifnya, MacFadyen menyarankan agar sirkulasi udara di dalam rumah dijaga dengan baik.

“Lebih baik gunakan pembersih cair ketimbang spray dan periksa kompor dan penghisap udara bekerja dengan baik untuk mencegah zat kimia dari produk sehari-hari memengaruhi paru kita,” katanya. (kom.c/edo)