Crime

Kapal Bawa Pakaian Bekas Impor Ditangkap, Nakhoda Kabur

foto

Pekanbaru, ToeNTAS.com,- Kapal Motor Flora Jaya ditangkap polisi karena mengangkut pakaian bekas asal luar negeri sebanyak 325 balpres. Saat ditemukan, nakhoda dan anak buah kapal (ABK) sudah tidak ada di kapal, diduga melarikan diri alias kabur duluan.

Kapolres Dumai AKBP Restika Nainggolan menjelaskan kepada wartawan, Sabtu (10/3/2018), kapal bermuatan pakaian bekas ini ditemukan Sat Pol Air Polres Dumai di perairan Sei Sembilan, Lubuk Gaung, Sei Sembilan, Dumai. Kapal ini ditemukan tim sekitar pukul 08.00 WIB tadi pagi.

“Sewaktu tim berada di lokasi, kapal tersebut sudah ditinggalkan nakhoda dan ABK-nya. Namun kami menduga pakaian bekas ini dibawa dari luar negeri,” kata Restika.

Kapal Pembawa Pakaian Impor Bekas Ditangkap Polisi, Nakhodanya KaburKapal bermuatan pakaian impor bekas, diamankan polisi saat dini hari. (Dok Istimewa)

Menurut Restika, awalnya timnya menerima laporan dari masyarakat akan adanya kapal pengangkut pakaian bekas dari luar negeri yang akan masuk ke wilayah Dumai.

Atas informasi tersebut, kata Restikan, Sat Pol Air dan Polsek Sembilan diperintahkan untuk melakukan penyelidikan di lapangan. Tim sudah begerak sejak pukul 01.00 WIB dini hari untuk menelusuri sejumlah tempat yang dicurigai untuk bersandar kapal tersebut.

“Pagi pukul 08.00 WIB, akhirnya tim menemukan kapal yang menyelundupkan pakaian bekas itu. Jumlahnya ada 325 balpres di dalam kapal,” kata Restika. Balpres adalah satuan yang biasa digunakan untuk ukuran tekstil semacam ini. Satu balpres bisa berisi ratusan pakaian.

Pagi itu juga, tim Polres Dumai mencoba melansir barang pakaian bekas dengan diangkut kol diesel. Setelah air pasang, selanjutnya kapal pengangkut pakaian bekas itu ditarik ke markas Sat Pol Air.

“Kita masih melakukan penyelidikan atas penemuan kapal tersebut. Semoga pemilik kapal dan pemilik barang selundupan itu bisa kita tangkap,” tutup Restika. (det.c/Lina)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Situs resmi tabloid ToeNTAS yang sudah terbit lebih dari 20 tahun.

Copyright © 2017 Yayasan ToeNTAS Sakinah

To Top