Metro

160 Pendaki di Pasar Bubrah Gunung Merapi Dievakuasi Turun

foto

BOYOLALI, ToeNTAS.com,- Gunung Merapi mengalami erupsi dengan mengeluarkan asap tebal, Jumat (11/5/2018) pagi. Pada saat kejadian itu sedikitnya ada 160 pendaki via Selo berada di kawasan Pasar Bubrah Gunung Merapi.

Pembina SAR Barameru Selo, Samsuri mengatakan, proses evakuasi terhadap pendaki masih terus dilakukan tim SAR. Sampai saat ini sudah ada 132 pendaki dievakuasi turun dari kawasan Pasar Bubrah Gunung Merapi.

“Alhamdulillah, 132 orang pendaki yang sudah berhasil dievakuasi kondisi baik-baik saja,” ungkap Samsuri dihubungi wartawan, Jumat.

Saat ini masih ada sekitar 28 orang pendaki yang berada di kawasan Padar Bubrah dan proses evakuasi. Para pendaki ini, katanya berasal dari berbagai daerah, seperti Jakarta, Yogyakarta dan lainnya.

“Ini sedang proses evakuasi pendaki yang masih ada di sana (Pasar Bubrah). Harapannya hari ini semua sudah bisa dievakuasi,” terang Samsuri. Infografik Letusan Gunung Merapi Proses evakuasi melibat personel BPBD Kabupaten Boyolali, relawan SAR Barameru Merapi dan instansi terkait. Ada sekitar 30an personel yang naik ke kawasan Pasar Bubrah untuk melakukan evakuasi para pendaki.

Pascaerupsi Gunung Merapi, Samsuri mengatakan, jalur pendakian Gunung Merapi via Selo untuk sementara waktu ditutup. “Sementara jalur pendakian Gunung Merapi via Selo ditutup sementara untuk para pendaki,” kata Samsuri. (kom.c/Zihan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Situs resmi tabloid ToeNTAS yang sudah terbit lebih dari 20 tahun.

Copyright © 2017 Yayasan ToeNTAS Sakinah

To Top