Nasional

Jelang Lebaran, Penarikan Uang Tunai Capai Rp110 Triliun

foto

Jakarta,, ToeNTAS.com,- Bank Indonesia (BI) mencatat uang tunai yang telah dikeluarkan sejak awal Ramadan hingga Selasa (5/6) kemarin mencapai Rp110 triliun. Angka itu setara dengan 58,4 persen dari total dana yang disiapkan BI selamA Ramadhan dan Lebaran tahun ini sebesar Rp188,2 triliun.

Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi mengatakan mayoritas penarikan dana terjadi di Pulau Jawa yang mencapai Rp46,1 triliun. Sementara untuk wilayah Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek) hanya mencapai Rp27,9 triliun.

“Untuk Sumatra Rp18,3 triliun, Kawasan Timur Indonesia (KTI) Rp17,7 triliun,” ucap Rosmaya, Rabu (6/6).

Secara historis, jumlah dana yang keluar dari BI akan lebih besar pada pekan terakhir jelang Lebaran. Namun, khusus pada 4-5 Juni 2018 jumlah penukaran dana sebesar Rp34,5 triliun.

“Pembukaan layanan penukaran kami ada bekerja sama dengan 13 bank untuk di Monas dan di Museum BI dengan lima bank kami kerja sama dan seterusnya,” papar Rosmaya.

Ia melanjutkan bahwa total dana yang disiapkan BI selama Ramadan dan Lebaran ini naik 15,3 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada 2017 lalu yang hanya Rp163,2 triliun. Peningkatan itu dilakukan mengingat libur Lebaran kali ini lebih panjang dari tahun lalu menjadi 10 hari.

“Kalau dilihat secara pecahan, prediksi kami, uang yang keluar berupa uang pecahan besar mencapai 92,9 persen, sedangkan uang pecahan kecil 7,1 persen,” terang Rosmaya.

Terkait wilayahnya sendiri, BI memproyeksi penukaran uang di Jabodetabek berkontribusi sebesar 22,8 persen, Sumatra 19,9 persen, dan KTI 18,9 persen.

Rosmaya menambahkan, pihaknya masih optimis jumlah dana yang disiapkan selama Ramadan dan Lebaran tahun ini cukup karena sudah memikirkan aspek penambahan libur panjang Lebaran.

“Dugaan kami itu cukup karena kami melihat waktu kritis itu ada 2 hari lagi yaitu besok dan Jumat. Jadi kelihatan dari BI itu sekian (Rp188,2 triliun),” pungkas Rosmaya. (cnn.c/eva)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Situs resmi tabloid ToeNTAS yang sudah terbit lebih dari 20 tahun.

Copyright © 2017 Yayasan ToeNTAS Sakinah

To Top