Gosip

5 Artis Dituding Terlibat Kasus Penipuan, Ada yang Sampai Belasan Miliar

foto

JAKARTA, ToeNTAS.com,- Sebagai seorang publik figure, segala yang dilakukan pasti akan menjadi pusat perhatian. Berbagai masalah yang membelit artis pun akan menjadi sorotan para netizen, termasuk mereka yang tersandung kasus penipuan.

Meski memiliki kehidupan mewah dan bergelimang harta, ternyata para artis Tanah Air berikut tak luput dari kasus penipuan. Bahkan ada yang sampai merugikan hingga belasan miliar juga dan harus mendekam dibalik jeruji sel. Penasaran siapa saja yang terlibat dalam kasus itu? berikut ulasannya untuk Anda.

1. Angela Lee

 

Selebgram Angela Lee terpaksa harus merasakan dinginnya hotel prodeo alias tahanan bersama sang suami, David Hardian atas kasus pencucian uang dengan modus investasi. Kasus penipuan tersebut terbongkar saat salah satu korban melaporkan ke polisi.

Korban tersebut yakni Santosa Tandyo mengaku telah mengirim uang hingga Rp12 miliar untuk bergabung investasi jual beli mobil. Bukan keuntungan yang didapat, justru uang tak kembali. Atas perbuatannya tersebut, Angela dan suami terancam menjalani hukuman penjara selama 20 tahun.

2. Jeremy Thomas

Aktor senior Jeremy Thomas pun ditetapkan sebagai tersangka atas kasus penipuan jual beli villa di Bali pada pertengahan 2017 lalu. Salah satu korban, yakni Alexander Patrick Morris mengaku mengalami kerugian mencapai Rp16 miliar.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono mengatakan, Jeremy mengaku sebagai konsultan keuangan yang bisa mengusahakan dana, sehingga korban pun menyerahkan akta tanah dan bangunan kepada Jeremy untuk mencarikan dana. Bukan uang yang didapat, akta tanah tersebut justru dibalik nama atas Jeremy.

3. Sandi Tumiwa

Pesinetron Sandy Tumiwa diamankan oleh kepolisian Polda Metro Jaya atas tuduhan tindak penipuan berkedok investasi pada 2015 lalu. Pelapornya tak lain adalah rekan sesame artis, Anisa Bahar yang menjadi korbannya.

Sandy diketahui menjadi salah satu petinggi di PT CMS Bintang Indonesia, sebuah perusahaan Multi Level Marketing. Perusahaan tersebut menjanjikan keuntungan besar hingga 40 persen jika mendapat nasabah baru.

Sandy sukses meraup keuntungan hingga Rp7 miliar dari para korban yang ia gunakan untuk keperluan pribadinya.

 

4. Charly Setia Band

Vokalis Setia Band, Charly ditetapkan sebagai tersangka atas kasus penipuan oleh rekan bisnisnya, Wira Pradana pada 2016 lalu. Charly dijerat pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman empat tahun penjara.

Penipuan tersebut berawal dari kerjasama antara Wira dan Charly untuk mempromosikan tiga lagu ciptaan Charly senilai Rp600 juta.

Namun hingga lagu tersebut telah rampung dipromosikan, Wira tidak mendapatkan keuntungan sebesar Rp40 persen seperti kesepakatan awal. Tak sampai di situ, Charly juga melakukan penipuan terkait jual beli lagu dengan Wira hingga total kerugian yang diderita hampir mencapai Rp1 miliar.

5. Adjie Notonegoro

Desainer ternama Tanah Air, Adjie Notonegoro pun terpaksa meringkuk di balik jeruji sel atas kasus penpuan jual beli berlian yang dilakukannya terhadap rekannya, Mervin.

Tak tanggung, total penipuan yang dilakukannya pun mencapai Rp3,11 miliar hingga ia harus mendekam di LP Cipinang selama 4 bulan lamanya.

Tak lama berselang usai menghirup udara bebas, Adjie pun kembali harus masuk ke dalam tahanan atas tuduhan kasus serupa. Kali ini, Adjie dituduh melakukan penipuan dan penggelapan pengadaan seragam pegawai salah Bank BRI. Akibatnya, paman Ivan Gunawan itu dijerat dengan pasal 371 dan 378 KUHP. (lint.c/zia)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Situs resmi tabloid ToeNTAS yang sudah terbit lebih dari 20 tahun.

Copyright © 2017 Yayasan ToeNTAS Sakinah

To Top