Metro

Pemprov DKI Larang Pemotongan Kurban Dekat Venue Asian Games

foto

Jakarta, ToeNTAS.com,- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melarang pemotongan hewan kurban di sekitar venue Asian Games yang ada di Pulomas, Jaktim. Pemotongan hewan kurban harus dilakukan di rumah potong hewan.

“Ada ingubnya (instruksi gubernur) pada radius 1 kilometer nggak boleh ada penampungan dan pemotongan hewan kurban. Mereka nggak bolehmotong di situ, harus di rumah potong hewan. Itu dari OCA, Olympic Council Asia,” kata Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan Suku Dinas KPKP Jakarta Timur Irma Budiany saat dihubungi, Selasa (3/7/2018).

Selain pemotongan hewan, penampungan hewan kurban dilarang berada di dekat venue equestrian tersebut. Irma menuturkan pelarangan bertujuan menghindarkan kuda pacuan dari penyakit.

“Menghindari penyakit dari ternak, terutama antraks. Penyakit ternak yang bersifat zoonosis nggak boleh,” jelasnya.

Irma mengatakan pihaknya terus menyosialisasi pelarangan tersebut kepada warga. Dia meminta warga maklum atas pelarangan itu.
“Sosialisasi kita lagi gimana caranya bukan hanya peternak, pedagang, dan pengurus masjid yang biasa motong. Besok sosialisasi di masjid-masjid,” ucapnya.

Asian Games 2018 digelar di DKI Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus-2 September. Sedangkan Idul Adha 1439 H diperkirakan jatuh pada 21 Agustus. (det.c/oji)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Situs resmi tabloid ToeNTAS yang sudah terbit lebih dari 20 tahun.

Copyright © 2017 Yayasan ToeNTAS Sakinah

To Top