Suami Jelaskan Kronologi Munculnya Sel Kanker Ria Irawan

Jam : 14:14 | oleh -101 Dilihat

Jakarta, ToeNTAS.com,- Mayky Wongkar, suami Ria Irawan menggelar jumpa pers bersama istrinya di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat, Jumat (13/9/2019).

Mayky menegaskan sel kanker yang ada pada tubuh Ria adalah sel yang kini kembali sejak 2014.

“Ria Irawan beberapa tahun yang lalu, pada tahun 2014 menjalani operasi penebalan dinding rahim, dan dokter memvonis sel-sel A atau cancer endometrium stadium 3C. Setelah menjalankan kemoterapi dan radiasi sesuai anjuran dokter, selama 1,5 tahun istri saya bersih dari kanker,” ujar Mayky saat jumpa pers.

Namun setelah itu, Ria kembali mengalami hal yang sama. Sel kanker tersebut kembali lagi pada bagian diafragmanya. Ria pun menjalankan kemoterapi tanpa radiasi.

“Tapi tidak berselang lama, pada tahun 2017, Sel kanker itu keluar lagi di bagian diafragma, dan istri saya kembali menjalankan kemotrapi tetapi kali itu tidak disertakan radiasi. Tidak seperti yang awal. Kemo dan radiasi,” sambungnya.

Namun seiring waktu berjalan, sel kanker kembali muncul di bagian kepala seniman ini dan menyebabkan gangguan saat berbicara dan hilang keseimbangan.

“Terus hingga saat ini di tahun 2019 sel kanker itu terlihat kembali dari hasil MRI di bagian kepala,” lanjutnya.

“Itu ada terdapat masa atau tumor di bagian kepala dan ada juga di bagian paru-paru dan massa tumor di bagian kepala itu menekan saraf otak istri saya yang mengakibatkan agak sedikit sulit berbicara, dan kehilangan keseimbangan,” papar Mayky lagi.

Sebelum mengakhiri jumpa persnya, Mayky juga kembali menegaskan bahwa endometrium (lapisan sel rahim) yang menyebarkan sel kanker di kepala Ria sejak dulu.

“Jadi saya cuma menjelaskan, ini endometrium. Sel anak kanker dari endometrium yang menyebar ke bagian kepala dan paru, jadi bukan tumor yang baru. Tetep sama. Cuma ini anak endometrium yang lama,” pungkasnya. (det.c/N)