Gosip

Gerindra Terima Kasih KPK Ingatkan Mulan soal Etika Anggota DPR

foto

Jakarta, ToeNTAS.com, Anggota DPR dari Fraksi Gerindra Mulan Jameela mengunggah foto kacamata merek Gucci di akun Instagram-nya. Partai Gerindra hingga saat ini mengaku belum bisa menghubungi Mulan untuk mengklarifikasi postingan tersebut.

“Terkait berita soal Bu Mulan Jameela yang memposting kacamata di Instagram dan mendapatkan rekasi dari warganet perlu saya sampaikan bahwa hingga saat ini kami belum bisa menghubungi beliau,” kata anggota Dewan Pembina Partai Gerindra, Habiburokhman kepada wartawan, Jumat (18/10/2019).

Kendati demikian, Habiburokhman meyakini kacamata merek Gucci yang diterima Mulan tak berkaitan dengan jabatan istri Ahmad Dhani itu di DPR RI. Menurut dia, kacamata yang didapatkan Mulan merupakan hasil dari kerja sama profesional.

“Tapi kemungkinan hal tersebut adalah bentuk kerja endorsement profesional terkait latar belakang beliau sebagai artis dan tidak ada hubungan dengan posisi jabatan beliau,” ujarnya.

“Perlu diketahui bahwa saat ini DPR belum ada struktur Alat Kelengkapan Dewan dan semua anggota DPR belum ada kejelasan akan ditempatkan di komisi/badan mana,” imbuh Habiburokhman.

Habiburokhman mengingatkan, anggota DPR tetap diperbolehkan bekerja sebagai artis. Pekerjaan artis, kata Habiburokhman, bukan salah satu pekerjaan yang dilarang dirangkap oleh seorang anggota legislatif.

“Jika mengacu pada UU Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu dan PKPU Nomor 20 Tahun 2018, pekerjaan artis tidak termasuk yang dilarang dirangkap oleh seorang anggota legislatif asalkan tidak mengganggu waktu kerja yang bersangkutan. Adapun pekerjaan yang dilarang dirangkap adalah akuntan publik, advokat, notaris, Pejabat Pembuart Akta Tanah (PPAT), PNS, Kepala Desa, BUMN dan BUMD, Hakim, Jaksa, TNI/Polri,” jelasnya.

“Kami perlu menegaskan kepada publik bahwa komitmen Gerindra melawan korupsi tidak akan pernah pupus, bisa dilihat track record kami selama 10 tahun di DPR RI , tidak ada satupun kader Gerindra yang terjerat korupsi,” imbuh Habiburokhman.

Habiburokhman lalu menyampaikan terima kasihnya kepada KPK yang mengingatkan soal etika kepada Mulan. Dia memastikan pihaknya akan segera mengonfirmasi persoalan tersebut ke kadernya itu.

“Kami berterima kasih kepada KPK yang sudah mengingatkan soal etika. Agar tidak menjadi fitnah, kami akan mengkonfirmasi persoalan ini ke Bu Mulan,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Mulan mengunggah foto kacamata merek Gucci di akun Instagram-nya. KPK pun mengingatkan soal etika sebagai pejabat negara.

Dilihat wartawan dari akun @mulanjameela1, pukul 17.23 WIB, Kamis (17/10/2019), tampak ada foto tiga kacamata dengan kartu merek Gucci yang diunggah di akun Mulan.

“Bismillahirrahmanirrahim…Terimakasih @jakarta_eyewear ngirim kacamata sebagus ini, buat sahabat onlineku yang lagi cari supplier kacamata termurah. bisa order langsung di @jakarta_eyewear ya…,” tulis Mulan mengiri postingannya itu.

KPK kemudian angkat bicara tentang postingan kacamata bermerek oleh Mulan tersebut. KPK mengingatkan soal aturan bagi seorang pejabat untuk menolak ataupun melaporkan segala pemberian dari pihak lain kepada KPK.

“Potongan (rabat) atau diskon saja direkomendasikan untuk ditolak atau dilaporkan ketika anda seorang penyelenggara negara, karena sulit dipahami bahwa pemberian itu tidak ada kaitan dengan posisi anda sebagai penyelenggara negara. Ya saran saya dilaporkan saja ke KPK,” ucap Wakil Ketua KPK Saut Situmorang.

Mulan sendiri belum merespons saat ditanya tentang postingannya itu. Namun, dilihat detikcom pada pukul 07.12 WIB, Jumat (18/10/2019), kalimat dalam postingan kacamata Gucci itu berubah. Berikut bunyinya:

“Bismillahirrahmanirrahim… Wwooww @jakarta_eyewear kacamatanya bagus banget, buat sahabat onlineku yang lagi cari supplier kacamata termurah. bisa order langsung di @jakarta_eyewear ya…••#paidpromote,” tulis Mulan. (det.c/S)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Situs resmi tabloid ToeNTAS yang sudah terbit lebih dari 20 tahun.

Copyright © 2017 Yayasan ToeNTAS Sakinah

To Top