Lemari Jenazah RSUD Pati Meledak, Bangunan Porak Poranda

Jam : 13:47 | oleh -121 Dilihat

Pati, ToeNTAS.com,- Pasien Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) RAA Soewondo Pati dikejutkan dengan suara dentuman cukup keras pada Sabtu (14/10/17). Suara dentuman keras dikira ledakan bom. Bangunan di sekitar sumber ledakan juga porak poranda.

Ternyata suara tersebut berasal dari sebuah lemari penyimpan jenazah yang meledak. Beruntung dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa. Namun, bangunan di sekitar lemari tersebut porak poranda akibat tekanan dari ledakan tersebut.

Saat dikonfirmasi, Spesialis Forensik RSUD Pati, dr Gatot Suharto, mengatakan ledakan diduga akibat takaran freon pada tabung gas yang over kapasitas. Sejumlah peralatan medis di sekitar lokasi ikut rusak akibat ledakan tersebut.

“Beruntung saat itu tidak ada jenazah di dalamnya, termasuk juga kondisi di sekitar lokasi sedang sepi sehingga tidak ada korban atas kejadian ini. Cuma sempat bikin panik pasien karena dikira ini ledakan bom,” tuturnya, Sabtu (14/10/17).

Gatot mengakui, sebelumnya lemari jenazah berkapasitas 4 mayat tersebut dibersihkan sehari sebelum kejadian. Termasuk pengisian freon pada tabung gas lemari, dengan maksud menjaga suhu lemari agar tetap dingin.

“Alat itu baru saya tambah freon kemarin dengan maksud agar sewaktu-waktu ada jenazah yang datang bisa langsung digunakan. Untungnya, setelah diisi freon, alat tersebut diletakkan di beranda rumah sakit. Jadi dampaknya tidak terlalu besar,” imbuhnya.

Atas kejadian tersebut, atap rumah sakit tepat di lokasi kejadian rusak parah. Kaca ruangan di sekitar lokasi juga pecah.

“Harga lemari mencapai Rp 1,2 miliar, rusak parah dan tidak bisa digunakan lagi. Ini langsung kita pesan yang baru. Termasuk perbaikan bangunan juga menelan biaya yang tidak sedikit,” pungkasnya. (det.c/wawan)