5 Rekomendasi Mie Kocok Paling Enak di Bandung

Jam : 11:00 | oleh -683 Dilihat
foto
foto

ToeNTAS.com,- Mie kocok jadi salah satu jajanan favorit di Bandung, apalagi di musim lebaran seperti sekarang.

Berikut lima mie kocok paling mantap yang ada di Bandung:

1. Mie Kocok Mang Dadeng

Salah satu kedai mie kocok terkenal di Bandung adalah Mie Kocok ‘Mang Dadeng’ yang berada di Jalan Kyai Haji Ahmad Dahlan atau Jalan Banteng No. 67, Turangga, Lengkong, Kota Bandung.

Mulai dikenal sejak 1960-an, usaha mie kocok tersebut kini telah dikelola oleh generasi ketiga, putra Mang Dadeng, yakni Deni, anak sulung dari tujuh bersaudara.

Sajian satu mangkuk besar Mi Kocok ‘Mang Dadeng’ yang laris manis ini terdiri dari mi kuning gepeng, tauge segar, urat, kikil sapi, potongan tulang kaki sapi, seledri, daun bawang, bawang goreng dan jeruk nipis beserta kuah kaldu sapi yang gurih.

Yang membuat berbeda, sajian mi kocok ini adalah terletak di kualitas kikil yang disajikan dengan sangat empuk, kenyal, dan tebal.

2. Mie Kocok Cepay

Mie kocok legendaris lainnya adalah Mie Kocok Cepay. Haji Mamat, pengelolanya, meneruskan usaha mie kocok ayahnya yang telah berdiri sejak 1979.

Ciri khas dari mie kocok ini adalah cara memasaknya yang langsung menggunakan arang.

Cara penyajiannya pun terbilang unik. Mie dan tauge disimpan di dalam bak mie dengan menggunakan alas daun yang kemudian dimasukkan ke dalam kocokan. Lalu dimasukkan ke dalam buleng dan disajikan di mangkuk bersama kikil dan kaki sapi.

3. Mie Kocok Karapitan

Mie Kocok Karapitan ini sekilas mirip sekali dengan bakso. karena memiliki isian bakso yang banyak, dan menarinya Mie Kocok Karapitan ini terdapat topping kikil, sumsum serta daging yang melimpah.

Satu porsi Mie Kocok Karapitan ini terlihat sangat menggoda, dan sama seperti tampilanya Mie Kocok Karapitan ini memiliki rasa yang sempurna. Karena akalian bisa merasakan gurih, asin, manis, dan kenyal dalam 1 gigitan.

Makanya tak heran jika Mie Kocok Karapitan masuk kedalam daftar kuliner yang wajib dicicipi saat berada di Kota Bandung. Karena emang enak banget! Jadi pastiin kalian masukin Mie Kocok Karapitan kedalam daftar kuliner yang wajib kalian cicipi saat berada di Bandung ya.

4. Mie Kocok Persib

Mie Kocok Persib merupakan salah satu mie kocok legendaris yang ada sejak 1963. Kedainya berlokasi di Stadion Sidolig, Jalan Ahmad Yani Nomor 262 Bandung.

Sang pemilik, Kustanto, menjelaskan, tempat usahanya itu pertama kali dikelola ayahnya yang bernama Sanep, di Jalan Riau. Baru pada 1995 kedai mie kocok itu bertempat di Stadion Persib.

“Mie Kocok Persib dikenal dari mulut ke mulut dan penamaan sendiri berasal dari para pelanggan,” katanya kepada Ayobandung.com.

5. Mie Kocok SKM

Mie kocok lainnya yang wajib dicoba adalah Mie Kocok SKM yang berlokasi di Jalan Sunda No.38, Kebon Pisang, Sumur Bandung. Kedai mie kocok ini sudah ada sejak 1970-an.

Mie Kocok SKM saat ini dikelola oleh generasi kedua. Pendirinya, Sukirman, sudah meninggal dunia sehingga usahanya diteruskan oleh anaknya, Ponijah.

Nama SKM diambil dari nama Sukirman. Mie kocok ini memiliki ciri khas tersendiri yakni kuahnya yang berwarna kekuningan. Warna itu berasal dari rempah-rempah yang digunakan. Bahkan Mie Kocok SKM sering juga disebut soto mie kocok.

Kaki sapi yang digunakan dalam mie kocok ini direbus dengan terlebih dahulu dibelah dua agar sumsumnya bercampur dengan kaldu. (Nina/det.c)