5 Rekomendasi Takjil yang Nikmat untuk Berbuka Puasa, Bikin Ngiler!

Jam : 17:10 | oleh -235 Dilihat
takjil puasa es pisang ijo
takjil puasa es pisang ijo

ToeNTAS.com,- Takjil menjadi hidangan yang dinanti-nanti saat berbuka puasa. Kembali mengisi perut dengan makanan dan minuman setelah seharian menahan lapar dan haus terasa sangat nikmat. Seringkali, sebagai orang yang berpuasa kita akan menyiapkan makanan dan minuman terbaik yang sudah kita inginkan sejak siang hari. Tidak hanya menyiapkan makanan pokok dan air putih untuk minum. Kita biasanya menyiapkan makanan tambahan untuk pelengkap buka puasa kita, yakni takjil.

Sebagai negara yang sangat kaya akan keragaman kuliner, banyak sekali jenis takjil yang biasa dikonsumsi di Indonesia. Beberapa daerah mungkin memiliki takjil khas andalannya yang dikenal oleh banyak orang. Berikut ini adalah 5 rekomendasi takjil untuk berbuka puasa.

1. Sop Buah

Campuran potongan berbagai macam jenis buah-buahan yang dicampur dengan kuah sirup dan susu akan terasa nikmat ketika melewati tenggorokan. Apalagi jika disajikan dalam keadaan dingin dengan es batu, akan membuat kita kembali segar setelah seharian menahan dahaga. Kita bisa membuat sop buah sendiri maupun membelinya. Banyak penjual takjil di pinggir jalan yang menjual sop buah ketika bulan ramadhan.

2. Es Pisang Ijo

Es pisang ijo juga menjadi rekomendasi takjil yang tidak kalah menyegarkan ketika disantap saat berbuka puasa. Manis dan lembutnya pisang yang dicampur dengan bubur sumsum dan komponen lainnya akan membuat tenggorokan menjadi segar sekaligus membuat perut sedikit kenyang. Es pisang ijo dapat dijadikan makan pembuka sebelum kita menyantap makanan utama.

3. Kolak

Kolak merupakan salah satu makanan khas sekaligus rekomendasi takjil yang sering disajikan saat berbuka puasa. Ada berbagai macam jenis kolak yang bisa dibuat, mulai dari kolak pisang, singkong, ubi jalar, dan lain sebagainya.

Manisnya kuah santan yang diisi bahan utama kolak dapat meredakan haus sekaligus lapar setelah seharian berpuasa. Kita dapat dengan mudah menemukan penjual kolak di pinggir jalan di sore hari ketika bulan ramadhan.

4. Es Kelapa Muda

Segarnya kelapa muda ditambah dengan es batu akan sangat nikmat ketika disantap saat berbuka puasa sebagai buka puasa. Air kelapa yang manis dicampur gula pasir atau gula merah, dapat juga dicampur dengan susu dan sirup sesuai selera. Minuman ini sangat segar dan akan mengobati rasa haus kita setelah seharian berpuasa.

5. Bubur Kacang Ijo

Bubur kacang ijo juga cocok disantap sebagai takjil berbuka puasa setelah seharian berpuasa. Tidak hanya mengobati rasa haus, bubur kacang ijo juga dapat membuat perut kenyang. Oleh karena itu, bubur kacang ijo dapat kita santap sesaat setelah bedug maghrib sedangkan makanan utamanya kita santap setelah sholat maghrib.

Demikianlah 5 rekomendasi takjil yang sangat cocok untuk menemani waktu berbuka puasa. Jangan dimakan di siang hari, ya! (s.c/Intan)