Ngelencer ke Semarang, Jangan Lupakan Berburu Kuliner-kuliner Khas Ini

Jam : 11:28 | oleh -78 Dilihat
Suasana warung makan kepala manyung Bu Fat yang ramai pengunjung saat makan siang, Kamis, 19 Juli 2018, di Semarang.
Suasana warung makan kepala manyung Bu Fat yang ramai pengunjung saat makan siang, Kamis, 19 Juli 2018, di Semarang.

 Semarang, ToeNTAS.com,- Kota Semarang dikenal sebagai salah satu kota di Indonesia yang menyimpan berbagai wisata, budaya, dan kuliner. Ketika berkunjung ke Kota Semarang, rasanya akan kurang lengkap tanpa mencicipi kuliner khas ibukota Provinsi Jawa Tengah ini. Berikut adalah makanan-makanan khas Semarang yang patut dicoba.  

Soto Bangkong

Soto bangkong merupakan kuliner populer khas Semarang yang sudah ada sejak 1950-an. Soto bangkong terdiri atas  bihun, irisan bawang, ayam suwir dan bawang goreng dicampur di semangkok kuah bening yang kaya bumbu. Soto bangkong memiliki cita rasa segar yang disajikan di mangkok kecil.

Nasi Goreng Babat Gongso

Nasi goreng babat gongso menjadi santapan yang patut dicicipi ketika berkunjung ke Kota Semarang. Nasi goreng yang disajikan ditambah dengan babat (kulit sapi bagian lambung) yang dipotong-potong. Salah satu tempat kuliner nasi goreng babat gingso adalah Nasi Goreng Babat Pak Hengky yang berlokasi di Jln. Puri Anjasmoro Blok K Semarang atau Nasi Goreng Pak Sabar yang berada di Jalan Depok, Semarang. 

Mie Kopyok

Kudapan khas Semarang berikutnya adalah mie kopyok. Sesuai namanya, makanan ini berbahan dasar mie yang dipadukan dengan tetelan daging. Agar semakin nikmat, mie kopyok disajikan dengan lauk berupa kerupuk gendar dan tahu. Kerupuk gendar adalah kerupuk yang tebruat dari adonan nasi yang memiliki rasa gurih.

Tahu Gimbal

Melansir bpkp.go.id, tahu gimbal adalah makanan khas Semarang berupa potongan tahu yang disantap bersama udang goreng tepung, tauge, kol mentah, lontong, dan telur goreng. Tahu gimbal semakin lengkap dengan siraman bumbu kacang dan ditemani kerupuk atau emping. Salah satu tahu gimbal yang populer di Semarang adalah Tahu Gimbal H. Edy yang berlokasi di Jl. Menteri Supeno, Taman Menteri Supeno Semarang.

Garang Asem

Makanan yang patut dicoba saat berkunjung ke Semarang adalah garang asem, Makanan yang aslinya berasal dari Solo ini ini terdiri atas ayam dengan kuah berbahan dasar belimbing wuluh dan cabai. Biasanya, garang asem disajikan bersama nasi hangat, tempe goreng, perkedel, dan tusukan jeroan ayam agar semakin nikmat.

Mangut Ikan Manyung

Makanan ini selalu jadi perburuan kuliner masyarakat pendatang. Ini adalah ikan laut yang diasapi sebelum dimasak. Rasanya pedas karena menggunakan cabai cukup banyak dan gurih dari santan yang kental. 

Di Semarang, tempat yang paling legendaris adalah Warung Makan Kepala Manyung Bu Fat. Letaknya  di Jalan Krobokan, Kecamatan Semarang Barat. Jangan lupa siapkan uang agak banyakan lantaran harganya cukup mahal tapi sepadan dengan rasa yang ditawarkan. (tem.c/Fauzan)