Dua Pendaki yang Tersesat di Gunung Salak Ditemukan Selamat

    0
    29
    Advertisement

    Sukabumi, ToeNTAS.com,- Tim Search and Rescue (SAR) gabungan akhirnya menemukan dua pendaki asal Kota Bogor yang dikabarkan tersesat di kawasan Kawah Ratu, Gunung Salak, Jawa Barat, Sabtu (3/3/2018) malam.

    Dimas Ramadhan (22) dan Mardiansyah, warga Kelurahan Batu Tulis, Kota Bogor, ditemukan tim SAR dalam kondisi selamat di dalam kawasan BalaiTaman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) sekitar pukul 22.00 WIB.

    “Alhamdulillah kedua survivor (orang yang dicari tim SAR) sudah ditemukan dalam kondisi selamat,” kata Kepala Resor Kawah Ratu, Balai TNGHS, Ugur Gursala melalui WhatsApp, Sabtu (3/3/2018) malam.

    Menurut dia, kedua pendaki ini ditemukan tim SAR gabungan yang masuk dari wilayah Bogor. Saat ditemukan, keduanya sedang istirahat dengan kondisi tanpa lampu penerangan. “Keduanya langsung dievakuasi ke Pasirreungit Bogor,” tuturnya.

    Koordinator Pos SAR Sukabumi-Basarnas Aulia Sholihanto mengatakan, kronologis pencarian dua pendaki di Gunung Salak ini berawal adanya informasi dari salah satu pendaki kepada temannya di Bogor sekitar pukul 14.00 WIB.

    “Survivor memberi informasi ke temannya bahwa dia tersesat di sekitar kawah ratu,” ungkap Aulia melalui WhatsApp.

    Setelah meneima laporan, lanjut dia, melakukan koordinasi dengan tim SAR di wilayah Sukabumi dan Bogor. Akhirnya enam anggota tim SAR dari Bogor menyisir dari pintu masuk Gunung Bunder, Bogor.

    Sementara itu, tim SAR Sukabumi yang berjumlah 17 orang berangkat dari pintu masuk Resort Kawah Ratu, Cidahu sekitar pukul 17.30 WIB.

    “Rencananya potensi SAR Bogor dan Sukabumi akan bertemu di Kawah Ratu dan mulai melakukan pencarian bersama-sama sesuai titik lokasi yang dilaporkan survivor. Dan akan evaluasi pukul 23.00 WIB,” ujarnya.

    Namun, sebelum waktu evaluasi, keduanya sudah ditemukan dalam kondisi selamat. Operasi SAR pun langsung ditutup. (kom.c/roni)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here