Tak Perlu ke Kafe, Bikin Dalgona Coffee di Rumah Yuk!

0
145
Dalgona coffee popularitasnya meroket setelah muncul di salah satu tayangan TV
Dalgona coffee popularitasnya meroket setelah muncul di salah satu tayangan TV
Advertisement

Kebijakan karantina wilayah telah membuat pecinta kopi tak bisa menikmati minumannya di kedai kopi favorit. Meski begitu, tetap di rumah bukanlah halangan untuk dapat menikmati kopi kekinian, dalgona coffee.Baca Juga

Kopi berbuih itu ternyata bisa dibuat dengan cara mudah, tanpa perlu memiliki mesin kopi canggih. Untuk membuat dalgona coffee, yang dibutuhkan hanya bubuk kopi, gula, air panas, susu cair, es batu, mikser atau alat kocok manual.

“Orang-orang banyak yang mencoba membuat kopi mereka sendiri di rumah dan mungkin yang sebelumnya nggak pernah ngopi lalu melihat hal ini viral di media sosial, mereka jadi penasaran untuk mencoba,” ungkap salah seorang barista dancoffee profesional, Ryan Wibawa, kepada wartawan.

Dalgona yang sebenarnya tak identik dengan satu negara. Kopi ini umum ditemukan di India, Pakistan, hingga Makau.

Kopi dalgona ini sebenarnya hanyalah whipped coffee atau kopi kocok. Laman BBC menyebut, dalgona coffee lebih mirip cappucino yang dibalik, berbusa di atasnya dan susu di bawahnya. 

Popularitas dalgona coffee meroket ketika muncul di acara TV Korea berjudul “Pyunstorang” pada Januari 2020 lalu.Nama Dalgona sebenarnya berarti sponge candy di Korea.

Dalam TV show itu, aktor Jung Il-Woo melakukan perjalanan ke Macau lalu mencoba sebuah minuman dan memberinya julukan Dalgona karena kemiripannya dengan permen tradisional Korea. Sejak itu, dalgona coffee menarik perhatian pengguna TikTok, Youtube, dan Instagram di seluruh dunia.

Dalgona coffee hanya membutuhkan tiga bahan untuk membuatnya dan Anda bisa membuatnya panas atau dingin sesuai selera. Campuran susu dengan busa dari kopi dan gula pun bisa dikreasikan menjadi beragam variasi. 

“Banyak juga yang kreatif, nggak hanya membuat dalgona coffee dengan resep biasa, tapi mencoba juga dengan menambahkan bahan-bahan kesukaan masing-masing,” ungkap pria yang sudah mengikuti banyak kompetisi kopi tingkat internasional itu.

Untuk membuatnya, cukup campurkan gula dan bubuk kopi instan ke dalam sebuah mangkuk lalu tambahkan air panas. Gunakan mikser atau alat kocok manual untuk mengocoknya sampai berwarna cokelat muda, kental, dan relatif kaku.

Butuh waktu beberapa menit dan kocokan yang konsisten untuk membuatnya menjadi soft peak (puncak tumpul). Setelah kekentalan yang diinginkan tercapai, tuangkan susu ke dalam gelas, tambahkan es batu secukupnya, dan di atasnya letakkan kopi kocok. Dalgona coffee siap dinikmati.

“Hal terbaik dari dalgona coffee adalah minuman ini relatif mudah untuk membuatnya di dapur kita sendiri,” tutur Ryan. (rep.c.id/h)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here