9 Ciri Anak Cerdas Yang Wajib Diketahui Orang Tua. Apakah Anak Anda Punya Ciri nya?

Jam : 07:18 | oleh -267 Dilihat
ilustrasi
ilustrasi

Jakarta, ToeNTAS.com,- Kecerdasan anak bisa saja berasal dari gen turunan dari orang tua atau bisa juga muncul ketika diberikannya perhatian khusus oleh orang tua pada asupan makanan dan perlakuan baik masih dalam kandungan maupun sampai usia tertentu.

Namun terkadang sebagian orang tua tidak menyadari bahwa sang buah hati termasuk anak yang cerdas. Padahal seharusnya sebagai orang tua wajib mengetahui hal tersebut.

Hal itu wajib di ketahui oleh orang tua, supaya kedepannya bisa dijadikan parameter bagaimana cara memperlakukan anak sesuai dengan tingkat kecerdasannya. Dan bagaimana seharusnya memperlakukan anak cerdas.

Jangan sampai kita sebagai orang tua justru malah merusak tumbuh kembang anak karena ketidaktahuan kita tentang sifat, karakter dari anak yang cerdas.

Maka dari itu, untuk anda yang sudah dan akan menjadi orang tua pentingnya mengetahui ciri bahwa anak anda adalah anak cerdas, simak di bawah ini ciri nya.


1. Sangat aktif

Anak aktif berbeda dengan anak hiperaktif. Anak aktif mempunyai fokus perhatian yang baik, lebih sabar, dan suka dengan kegiatan yang butuh banyak gerakan fisik, sedangkan anak hiperaktif biasanya tidak fokus, tidak bisa diam, tidak sabar, dan cenderung agresif.

Masalahnya orangtua lebih senang kalo anaknya duduk diam sambil main gadget atau menonton televisi, daripada melakukan banyak kegiatan fisik. Padahal aktifitas dengan banyak kegiatan fisik sangat baik untuk merangsang kecerdasan anak.

2. Konsentrasi intens

Anak-anak pada umumnya susah buat berkonsentrasi dan fokus pada suatu hal. Tetapi anak cerdas mampu berkonsentrasi dengan intens dalam waktu yang lama, dan menyelesaikan pekerjaannya tanpa terpengaruh dengan kondisi disekitar.

3. Daya ingat kuat

Anak cerdas biasanya memiliki daya ingat yang kuat terhadap berbagai macam informasi yang pernah dilihat atau didengarnya. Dengan daya ingat yang kuat ini menjadikan anak lebih mudah memahami dan menangkap pelajaran di sekolah. Selain itu juga bermanfaat untuk membangun rasa percaya diri dan kemandirian anak.

4. Memiliki kosakata tinggi

Kecerdasan anak juga ditandai dengan penguasaan dan banyak kosakata. Mereka bisa menggunakan kosakata yang sulit dengan tepat, dan bisa mengucapkannya dalam kalimat yang lengkap. Penelitian juga menemukan bahwa anak-anak dengan kosakata yang baik, akan cenderung lebih cerdas di sekolah.

5. Memperhatikan detail

Anak yang cerdas biasanya lebih detail dalam memperhatikan sesuatu. Anak cerdas biasanya senang memperhatikan hal-hal detail yang sering dilewatkan oleh orang lain. Dan mereka selalu ingin tahu bagaimana cara kerja sesuatu secara spesifik

6. Suka berimajinasi

Anak yang cerdas suka sekali berimajinasi. Biasanya anak yang cerdas berimajinasi dengan menirukan hal-hal yang ada di sekitarnya, misalnya dengan membayangkan awan berbentuk burung, atau membuat gambar dengan cerita yang dibuatnya sendiri.

7. Tertarik dengan banyak hal

Anak cerdas umumnya menunjukkan ketertarikannya dengan banyak hal. Mereka tidak hanya tertarik pada permukaan saja, tetapi juga ingin mengeksplorasi minatnya hingga lebih dalam. Mereka akan mencari tahu dan bertanya tentang banyak hal yang diminatinya.

8. Membaca lebih awal

Anak yang cerdas mempunyai rasa ingin tahu yang cukup tinggi terhadap segala sesuatu. Karena itu sebagai orang tua, anda bisa memperkenalkan mereka dengan buku cerita bergambar yang sesuai dengan usianya. Dan biasanya mereka akan penasaran dan ingin membaca sendiri buku tersebut. Secara alami, rasa penasaran itu akan mendorong anak untuk belajar membaca. (urbanjabar.c/Firman)