Teka-teki Motif Mahasiswa Pelaku Penembakan Massal di Kampus Praha

Jam : 07:25 | oleh -98 Dilihat
Lokasi penembakan massal di kampus Praha
Lokasi penembakan massal di kampus Praha

Praha, ToeNTAS.com,- Penembakan massal yang menewaskan 14 orang di salah satu universitas di Praha masih jadi teka-teki. Pihak kepolisian setempat masih berupaya mengungkap motif pelaku melakukan penembakan massal tersebut.

Seperti dikutip Wartawan, Sabtu (23/12), penembakan mengerikan yang terjadi di area Fakultas Seni Universitas Charles di Praha itu memicu kepanikan para mahasiswa yang melarikan diri dari serangan penembakan terburuk di Republik Ceko dalam beberapa dekade terakhir.

14 Orang dan Pelaku Tewas
Seorang sutradara bernama Lenka Hlavkova (49), yang merupakan ibu dari dua anak, diidentifikasi sebagai salah satu korban tewas. Selain itu, beberapa korban tewas lainnya diidentifikasi sebagai seorang penerjemah dan pakar sastra Finlandia bernama Jan Dlask dan seorang mahasiswa bernama Lucie Spindlerova.

Sementara itu, pelaku penembakan, yang disebut sebagai mahasiswa berusia 24 tahun, dilaporkan tewas bunuh diri setelah melakukan aksinya.

Sejauh ini dilaporkan 13 orang tewas seketika di lokasi penembakan, dan 25 orang lainnya mengalami luka-luka. Salah satu korban luka itu kemudian meninggal dunia saat dirawat di rumah sakit, yang membuat jumlah korban tewas bertambah menjadi 14 orang.

Kepolisian setempat menyebut pelaku juga melukai tiga orang di jalanan dan merusak dua mobil saat dia melepas tembakan dari balkon.

Menteri Dalam Negeri Vit Rakusan menambahkan bahwa seorang warga negara Belanda dan dua warga negara Uni Emirat Arab terluka dalam penembakan itu.

Pejabat kepolisian setempat, Josef Jerabek, menyebut pelaku mengakhiri nyawanya sendiri ketika polisi semakin mendekati dirinya saat akan menangkapnya usai penembakan terjadi.

Motif Pelaku Masih Jadi Misteri
Pihak kepolisian pun kini masih terkendala mengungkap motif pelaku. Pasalnya, pelaku tewas bunuh diri usai melakukan aksinya.

Namun demikian, Mendagri Rakusan menyatakan bahwa tidak ada keterkaitan antara penembakan itu dengan terorisme internasional. Dia juga menyebut bahwa pelaku bertindak sendirian dalam aksinya.

Selain itu, Kepala Kepolisian setempat, Martin Vondrasek, mengungkapkan bahwa pelaku penembakan itu tidak familiar di kalangan kepolisian. Pelaku juga disebut memiliki pasokan senjata dan amunisi yang sangat banyak.

Kepala Kepolisian setempat, Martin Vondrasek, mengungkapkan bahwa pelaku penembakan itu, yang tidak familiar di kalangan kepolisian, memiliki “pasokan senjata dan amunisi yang sangat banyak”.

Polisi, sebut Vondrasek, mulai menggeledah gedung Fakultas Seni yang menjadi lokasi kuliah pelaku, namun ternyata pelaku mendatangi gedung utama fakultas tersebut yang terletak di dekat gedung pertama. Kepolisian mendapat laporan soal adanya penembakan pada pukul 14.00 GMT dan segera mengerahkan unit cepat tanggap ke lokasi. Sekitar 20 menit kemudian, pelaku penembakan ditemukan telah tewas.

Pemerintah Ceko menetapkan hari berkabung nasional pada Sabtu (23/12) waktu setempat, dengan bendera setengah tiang dikibarkan di gedung-gedung pemerintah dan masyarakat diminta mengheningkan cipta selama satu menit pada siang hari.

Sementara itu, disebutkan juga bahwa kepolisian menemukan keterkaitan antara pelaku dan pembunuhan lainnya saat menggeledah rumah pelaku penembakan tersebut. Pembunuhan lain itu menewaskan seorang pria muda dan putrinya yang berusia dua bulan yang sedang jalan-jalan di hutan Praha pada 15 Desember lalu. Penyelidikan kasus itu terhenti karena kurangnya bukti.

“Analisis balistik membuktikan senjata yang digunakan di hutan itu IDENTIK dengan senjata yang ditemukan di rumah pria bersenjata yang melakukan penembakan di universitas tersebut,” sebut kepolisian setempat via media sosial X. (d.c/Endah)